Dipamerkan Januari 2018, Ini Bocoran Spesifikasi Galaxy S9


PULSAPERMATA.COMFans Samsung tak harus menunggu lebih lama untuk melihat bentuk dan spesifikasi smartphone flagship Samsung selanjutnya, Galaxy S9 dan S9 Plus.

Situs VentureBeat menyebutkan, smartphone generasi selanjutnya dari Samsung itu akan dipamerkan di acara elektronik tahunan, Consumer Electronic Show ( CES) pada Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Kehadiran Galaxy S9 dan S9 Plus di CES 2018 akan menjadi kali pertama perangkat itu diperlihatkan ke publik. Sebelumnya, banyak yang penasaran, bagaimana kira-kira bentuk Samsung Generasi terbaru yang kabarnya akan dipasarkan tahun 2018.

Walau dipamerkan lebih awal, bukan berarti Galaxy S9 dan S9 Plus resmi dirilis. Sesuai dengan tradisi Samsung, peluncuran seri Galaxy S tetap dilakukan pada Maret.

Berdasarkan informasi, Galaxy S9 dan S9 Plus membawa kode SM-G960 and SM-G965. Oleh internal Samsung, keduanya disebut dengan sandi Star 1 dan Star 2.

Dari sisi desain, Galaxy S9 dan S9 Plus akan menghadirkan fitur layar infinity (bezel-less) materi Super AMOLED berukuran 5,8 inci. Sementara Galaxy S9 Plus membawa ukuran layar lebih besar, yaitu 6,2 Inci.

Dari segi hardware, bocoran yang beredar mengatakan Galaxy S9 didukung dengan RAM 4 GB. Sementara Galaxy S9 Plus didukung dengan RAM 6 GB. Penyimpanan internal keduanya 64 GB dan mendukung slot Micro SD. Chipset yang ditanamkan Galaxy S9 dan S9 Plus yaitu chipset flagship terbaru besutan Qualcomm, Snapdragon 845.

Perbedaan lainnya, sensor sidik jari Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus akan dipindah ke bagian bawah lensa kamera belakang, untuk mempermudah akses pengguna. Sebelumnya, Samsung memperolah kritikan pada Galaxy S8 karena pemindai sidik jari diletakkan di sisi kanan lensa kamera belakang, di mana pengguna susah membedakannya ketika meraba.

Di seri Galaxy S9 Plus, Samsung juga dikatakan bakal menanamkan kamera sekunder. Artinya, Galaxy S9 Plus akan mengusung fitur dual camera seperti halnya Galaxy Note 8. Sedangkan Galaxy S9 tetap mengusung kamera tunggal di belakang

Dari segi audio, Galaxy S9 dan S9 Plus bakal didukung dengan earphone besutan vendor audio AKG. Lebih menariknya lagi, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus tetap mempertahankan colokan earphone 3,5 mm. Hal ini tak dilakukan oleh pesaingnya, Apple yang sejak meluncurkan iPhone 7 tak lagi memakai colokan earphone.

Benar atau tidaknya rumor ini, mari kita tunggu sama-sama Januari 2018 mendatang.