Fitur Anyar Android Oreo bisa Perpanjang Umur Baterai?


PULSAPERMATA.COMAndroid versi 8.1 Oreo yang masih dalam pengembangan mempunyai fitur baru. Fitur itu diklaim dapat memperpanjang usia baterai samrtphone. Fitur tersebut diberi nama wakelock detector.

Wakelock detector adalah aplikasi penghemat baterai yang akan mengidentifikasi dan memantau aplikasi untuk mencegah smartphone berada dalam mode deep sleep.

Fitur ini akan memilih aplikasi yang menguras daya baterai dengan cara mencegah perangkat beralih ke mode deep sleep. Selama mode deep sleep, aplikasi yang tengah berjalan di background, seperti media sosial, jaringan WiFi, atau data seluler, akan dinon-aktifkan sementara.

Lalu, aplikasi yang bekerja di latar belakang tersebut bakal diaktifkan kembali ketika ponsel dibuka agar tetap sinkron, khususnya aplikasi yang memerlukan notifikasi atau pemberitahuan.

Selain memberitahu pengguna tentang aplikasi apa saja yang boros daya, Wakelock detector juga menyertakan alasan mengapa aplikasi tersebut memakai banyak sekali daya baterai. Contohnya adalah aplikasi berbasis lokasi yang bisa menelusuri lokasi pengguna berulang kali. Aplikasi seperti ini akan menguras daya sangat cepat.

Sebagaimana di himpun dari Phone Arena, Selasa (14/11/2017), Wakelock detector bisa ditemukan di menu informasi baterai yang berada di Setting atau pengaturan. Di mana nantinya wrongdoing app atau aplikasi yang kerjanya mencurigakan (seperti menguras banyak baterai) bakal gampang diidentifikasi dengan peringatan ikon baterai bewarna merah.

Dengan fitur Wakelock detector, pengguna dapat memutuskan apakah ingin menutup secara paksa aplikasi atau 'melumpuhkan' (disable)layanan pendukung yang tengah dipakai, seperti GPS yang didukung oleh aplikasi berbasis lokasi.

Selama ini, hampir sebagian besar pengguna Android mengakali penghematan daya baterai dengan memakai aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksi wrongdoing app. Dengan layanan fitur baru dari Android ini, diharapkan masa depan sistem operasi Android menjadi lebih baik.