Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Resmi Rilis, Harganya?


PULSAPERMATA.COM - Cukup lama menjadi perbincangan di internet, Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus akhirnya resmi rilis dalam sebuah event di China, Kamis (7/12/2017) lalu.
Smartphone menengah ke bawah teranyar Xiaomi itu hadir dengan layar berbingkai tipis alias “FullView” dengan aspek rasio 18:9. Fitur pemindai sidik jari (fingerprint scanner) juga disematkan di bagian belakang, di bawah lensa kamera.

Kapasitas baterainya pun dapat diandalkan untuk menopang aktivitas, dan yang paling penting harganya ramah kantong. Berikut spesifikasi Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Selengkapnya.

Xiaomi Redmi 5
Lini standar yang menyasar kelas menengah ke bawah ini datang dengan layar kelas phablet ukuran 5,7 inci. Mengikuti jejak tren masa kini, aspek rasio Redmi 5 pun telah 18:9 dengan resolusi HD+.
Chipsetnya memakai Qualcomm Snapdragon 450 yang dibangun dengan teknologi pemrosesan 14 nm. Komponennya meliputi CPU octa-core dengan kecepatan clock 1,8 GHz.

Ada dua varian kapasitas memori dan RAM yang ditawarkan Xiaomi untuk Redmi 5. MiFans dapat memilih antara RAM 2 GB dengan memori 16 GB, atau RAM 3 GB dengan memori 32 GB. Redmi 5 juga menyediakan slot microSD yang memungkinkan penambahan kapasitas memori penyimpanan sampai 128 GB.

Walau Redmi 5 datang dengan sistem operasi Android Nougat 7.1.2 yang sekarang terhitung usang, antarmukanya telah menggunakan MIUI 9 termutakhir. Antarmuka itu disebutkan paling stabil dan mendukung fitur-fitur apik seperti intelligent assistant dan picture-to-picture mode.

Soal kamera, Redmi 5 dapat dikatakan biasa saja dengan kualitas 12 megapiksel di belakang dan 5 megapiksel untuk selfie. Kapasitas baterai 3.300 mAh dibilang lumayan untuk mendukung semua aktivitas digital pengguna.

Xiaomi Redmi 5 Plus
Sesuai namanya, Redmi 5 Plus membawa layar yang lebih besar dari Redmi 5, yaitu 5,99 inci. Selebihnya, desain tetap sama dengan layar FullView berasio 18:9.

Spesifikasi Redmi 5 Plus sedikit ditingkatkan, seperti prosesor Snapdragon 625 yang lebih gahar daripada Snapdragon 450. Pilihan kombinasi RAM dan memorinya pun lebih tinggi, yaitu 3 GB/32 GB atau 4 GB/64 GB.

Bonus lain pada Xiaomi Redmi 5 Plus yaitu baterai yang kapasitasnya 4.000 mAh. Diprediksi kapasitas tersebut mendukung aktivitas pengguna selama seharian tanpa perlu di-charge berkali-kali.

Spesifikasi kamera dan pemindai sidik jari sama dengan Redmi 5 reguler, sebagaimana dilaporkan GSMArena, Jumat (8/12/2017).

Redmi 5 dan Redmi 5 Plus datang dalam pilihan warna Black, Blue, Pink, dan Gold. Pasca luncurkan secara resmi, penjualan perdana kedua smartphone dimulai pada 12 Desember mendatang di China.

Redmi 5 dijual mulai 120 dollar AS (Rp 1,6 jutaan) sampai 135 dollar AS (Rp 1,8 jutaan). Sementara itu varian Plus sedikit lebih mahal, yaitu mulai 150 dollar AS (Rp 2 jutaan) sampai 195 dollar AS (Rp 2,6 jutaan). Belum ada informasi kapan Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus dipasarkan resmi di Indonesia.