Oppo F9 Resmi Rilis, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

PULSAPERMATA.COM - Sesudah bocorannya banyak beredar di dunia maya, Oppo akhirnya meluncurkan seri F terbaru yaitu Oppo F9. Kelahiran Oppo F9 cuma berselang sekitar empat bulan dari pendauhulunya, Oppo F7 yang meluncur bulan Maret lalu. 

Walau selisih beberapa bulan saja, tetapi perbedaan keduanya sangat mencolok. Sesuai bocoran yang hilir-mudik sebelumnya, poni Oppo F9 dipangkas habis-habisan, menyisakan segitiga kecil tepat menjorok di atas display. 

Poni atau notch tersebut dipakai sebagai rumah kamera depan tunggal. Bingkai (bezel) di semua sisi juga terpangkas. Menghasilkan rasio layar ke bodi yang dipercaya mencapai 90,8 persen dan aspek rasio 19,5:9. 

Bentang layar Oppo F9 memanjang sampai 6,3 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel. Panel layar memakai LTPS TFT yang menjanjikan tingkat kecerahan 450 nits. Layar Oppo F9 sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 6 yang juga terpasang di Oppo R17 yang meluncur beberapa hari lalu.

Di bodi belakang terdapat susunan kamera ganda berjajar horisontal dan sensor pemindai sidik jari di tengah punggung. Konfigurasi kamera belakang utama adalah 16 megapiksel, bukaan f/1.8 dan kamera sekunder 2 megapiksel. 


Kamera sekunder berfungsi untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Sedangkan kamera depan, mempunyai konfigurasi 25 megapiksel, sebagaimana kami rangkum dari GSM Arena, Kamis (16/8/2018). 

Beralih ke sisi dapur pacu, Oppo F9 didukung MediaTek Helio P60 yang mempunyai spesialisasi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Salah satunya mendukung sensor kamera dengan AI Beatufication 2.1. 

Ada dua model RAM yang disediakan yaitu 4 GB dan 6 GB dengan media internal 64 GB. Oppo F9 akan berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang didukung antarmuka Color OS 5.2. 

Baterai berkapasitas 3.500 mAh ditanamkan di dalam perangkat yang didukung pengisi daya cepat VOOC. Dalam posternya, Oppo menegaskan bila pengisian daya lima menit bisa dipakai untuk telepon sampai dua jam. Di bagian atas ada colokan haedphone jack 3,5 mm.

Ada tiga warna yang dapat dipilih yaitu Sunrise Red, Twilight Blule dan Starry Purple. Untuk warna Sunrise Red dan Twilight Blue memakai pola tesselation atau grafis yang membentuk poligon. Sementara Starry Purple bakal dihiasi gemerlap bintang-bintang bewarna emas yang menyiratkan desain elegan. 


Peluncuran Oppo F9 di Indonesia bakal digelar tanggal 23 Agustus mendatang di Jakarta. Salah satu e-commerce lokal Indonesia yaitu Bukalapak telah membuka sesi pre-order Oppo F9 dengan banderol Rp 4.500.000.