Samsung Galaxy J4+ dan J6+ Resmi Meluncur, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Samsung memperkenalkan duo Galaxy J4 Plus dan Galaxy J6 Plus di situs resmi Samsung India. Sesuai namanya, dua ponsel mid-range ini merupakan versi upgrade dari Galaxy J4 dan J6. 

Secara keseluruhan, ada beberapa sektor yang memperoleh peningkatan, tapi ada pula yang sama atau justru menurun. Peningkatan pertama terlihat dari ukuran bentang layar, di mana Galaxy J4 Plus dan J6 Plus sama-sama membawa layar dengan diagonal 6 inci. 

Galaxy J6 Plus dan Galaxy J4 Plus memakai prosesor quad-core 1,4 GHz. Untuk Galaxy J6 Plus, spesifikasi ini termasuk penurunan mengingat Galaxy J6 sebelumnya mempunyai CPU octa-core dengan clock 1,6 GHz. 

Sedangkan Galaxy J4 Plus, spesifikasi CPU tetap sama dengan milik Galaxy J4 pendahulunya, yaitu quad-core 1,4 GHz. 

Meski spesifikasi CPU sudah diungkap, tapi belum diketahui chipset apa yang dipakai Samsung untuk Galaxy J4 Plus dan J6 Plus, apakah tetap memakai chip Exynos besutan Samsung sendiri atau memakai chip Qualcomm Snapdragon.

Galaxy J6 Plus hadir dalam dua konfigurasi memori, yaitu RAM 3 GB dan storage 32 GB juga RAM 4 GB dengan storage 64 GB. Sementara Galaxy J4 Plus mempunyai dua pilihan, RAM 2 GB storage 16 GB dan RAM 3 GB dan storage 32 GB. 


Peningkatan juga terjadi di segi kamera, khususnya untuk seri Galaxy J6 Plus. Berbeda dengan Galaxy J6 yang cuma memakai kamera tunggal di belakang, Galaxy J6 Plus menanamkan dual-camera dengan konfigurasi 13 megapiksel dan 5 megapiksel. 

Sedangkan sensor 8 megapiksel untuk kebutuhan selfie tertanam di depan. Tapi, peningkatan kamera tak diikuti seri Galaxy J4 Plus yang terbilang sama dengan seri Galaxy J4. Kamera tunggal belakang beresolusi 13 megapiksel dan kamera depan beresolusi 5 megapiksel. 

Untuk konektivitas, keduanya sudah didukung koneksi 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2 LE, GPS, GLONASS dan BeiDou. 

Khusus untuk Galaxy J6 Plus, sensor pemindai sidik jari terpasang di sisi kanan, tepatnya berada di bawah tombol daya. Sedangkan untuk Galaxy J4 Plus, Samsung disebut cuma akan menawarkan sensor pemindai sidik jari untuk konsumen di Amerika Utara. 

Kedua perangkat bakal dijalankan dengan sistem oeprasi Android 8.1 Oreo dan disokong baterai berkapasitas 3.300 mAh. Dirangkum dari Neowin, Galaxy J4 Plus bakal tersedia dalam warna hitam, merah muda, dan gold.

Sedangkan Galaxy J6 Plus bakal tersedia dalam warna hitam, merah, dan silver. Samsung belum membeberkan harga Galaxy J4 Plus dan galaxy J6 Plus baru ini. 


Tapi salah satu situs retail Belanda memasang harga 239 Euro atau sekitar Rp 4,1 juta. Kabarnya, Galaxy J6 Plus dan Galaxy J4 Plus bakal segera resmi hadir di India 25 September nanti. Belum diketahui kapan tanggal peluncuran untuk Indonesia.