Vivo V11 Pro vs OPPO F9, Manakah Yang Lebih Baik?

PULSAPERMATA.COM - Pada bulan September 2018 ini telah terjadi persaingan sengit antara dua vendor pengembangan smartphone selfie, yaitu Vivo dan OPPO. Vivo hadir dengan V11 Pro dan OPPO memboyong OPPO F9 di Indonesia.
Vivo V11 Pro sendiri mempunyai spesifikasi hardware yang bertenaga dengan fitur yang inovatif. Sedangkan OPPO F9 juga bisa menandingi performa dari smartphone besutan Vivo itu.
Dalam persaingan kamera depan maupun belakangnya, kedua smartphone ini sudah didukung dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Untuk itu, bagi kalian yang penasaran dengan perbandingan antara kedua smartphone ini maka bisa melihat informasinya sebagai berikut ini.

Vivo V11 Pro vs OPPO F9

Layar
Vivo V11 Pro didukung dengan layar 6,4 inci yang berteknologi Super AMOLED, beresolusi Full HD+, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan. Sedangkan OPPO F9 didukung dengan layar 6,3 inci berteknologi IPS, beresolusi Full HD+, dan beraspek rasio 19,5:9 yang juga memenuhi bagian depan.
Bahkan keduanya sama-sama didukung dengan poni atau notch di bagian depannya yang memiliki desain waterdrop yang sekilas terlihat seperti tetesan air yang jatuh dari daun talas.
Spesifikasi Hardware
Vivo V11 Pro memakai chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core yang bertenaga berkat teknologi proses 14nm yang efisien. Untuk mengimbanginya, V11 Pro juga disokong dengan RAM 6 GB dan storage internal 64 GB yang bisa ditambahkan microSD.
Sedangkan OPPO F9 memakai MediaTek Helio P60 Octa-core dengan performa cepat berteknologi proses 12nm sehingga dapat menandingi kinerja dari Snapdragon 660. Untuk itu, F9 ini didukung dengan RAM yang mempunyai pilihan 4 GB atau 6 GB dan storage internal 64 GB.
Kamera
Vivo V11 Pro didukung dengan dua kamera belakang 12 MP + 5 MP dan kamera depan 25 MP yang mampu menghasilkan foto bagus. Sedangkan OPPO F9 didukung dengan dua kamera belakang 16 MP + 2 MP dan kamera depan 25 MP yang bisa menghasilkan foto menarik.
Baterai
Dalam persaingan kapasitas baterai ada perbedaan sedikit, dimana Vivo V11 Pro menggunakan baterai dengan kapasitas 3400 mAh dan OPPO F9 menggunakan baterai dengan kapasitas 3500 mAh.
Fitur Lainnya
Keduanya sama-sama didukung dengan port microUSB 2.0, FM Radio, face unlock, port jack audio 3,5mm, dan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Jika Vivo V11 Pro hadir dengan sensor fingerprint dalam layar dan Dual Engine Fast Charging, maka OPPO F9 didukung dengan sensor fingerprint belakang layar dan VOOC Flash Charging.
Harga
Vivo V11 Pro dengan RAM 6 GB + storage internal 64 GB dijual dengan harga Rp 5 juta. Sedangkan OPPO F9 dengan RAM 4 GB + storage internal 64 GB dijual dengan harga Rp 4,3 juta. Sementara varian RAM 6 GB tidak diketahui harganya.
Kesimpulan
Jika kalian mencari smartphone inovatif dengan sensor fingerprint dalam layar, performa bertenaga, dan desain yang menarik maka Vivo V11 Pro dapat menjadi andalannya. Sementara bila kalian mencari smartphone dengan daya tahan baterai lebih lama maka OPPO F9 jawabannya.