Huawei Mate 20 X Resmi Rilis, Ponsel Gaming Berlayar 7 Inci, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Selain merilis smartphone flagship Mate 20 dan Mate 2 Pro, Huawei juga meluncurkan ponsel gaming Mate 20 X dalam gelaran besar yang dihelat di London. 

Berbeda dengan dua flagship lainnya, Huawei Mate 20 X dibuat untuk menawarkan kenyamanan pada pengguna dalam bermain game. Salah satu fitur andalannya yaitu sistem pendingin Vapor Chamber yang dipasangkan dengan teknologi graphene film cooling. 

Huawei Mate 20 X juga mempunyai ukuran layar lebih besar dari dua seri lainnya. Ponsel ini membawa layar seluas 7,2 inci dengan materi OLED. Ukuran layar ini membuat Mate 20 X menjadi ponsel terbesar yang dimiliki Huawei. 

Bila dilihat sepintas, ponsel ini tampak seukuran dengan layar yang Nintendo Switch. Sebagai ponsel gaming, Huawei pun menawarkan aksesoris berupa joystick yang bisa dipasang pada bagian sisi kiri ponsel, juga stylus.

Spesifikasi Huawei Mate 20 X 


Secara garis besar, spesifikasi lain dari Huawei Mate 20 X serupa dengan Huawei Mate 20 Pro. Ponsel ini ditenagai oleh chip Kirin 980 yang mempunyai arsitektur 7 nm. Mate 20 X juga berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Dikutip dari The Verge, Rabu (17/10/2018), Huawei Mate 20 X cuma mempunyai satu pilihan kombinasi RAM dan penyimpanan internal, yaitu 6 GB/128 GB. 


Pada bagian kamera, ponsel ini juga membawa tiga kamera belakang yang disusun dalam bentuk kotak di bagian tengah ponsel. Resolusinya sama, yaitu: 
- 40 megapiksel lensa wide angle f/1.8 
- 20 megapiksel lensa ultra wide angle f/2.2 
- 8 megapiksel lensa telephoto 3x f/2.4. 

Sistem pengamannya pun sama dengan Mate 20 Pro, yaitu sensor sidik jari yang ditanamkan di layar ponsel. 

Perbedaannya, sebagai penunjang aktivitas gaming, Huawei Mate 20 X didukung baterai berkapasitas lebih besar, yaitu 5.000 mAh. 

Selain itu, perbedaan lain ada pada pada bentuk poni yang lebih kecil dari Mate 20 Pro. Bentuk poni Mate 20 X sama dengan Mate 20 reguler yang menyerupai tetesan air (waterdrop). 

Di Eropa, Huawei Mate 20 X dijual dengan harga 899 euro atau sekitar Rp 15,8 juta. Ponsel ini akan mulai didistribusikan di Benua Biru mulai 26 Oktober nanti. 

Tak disebutkan dengan jelas kapan ponsel ini bakal diluncurkan di luar Eropa, termasuk Indonesia.