Honor 8X vs Huawei Nova 3i. Lebih Unggul Mana?

PULSAPERMATA.COM - Huawei termasuk salah satu perusahaan telekomunikasi dan infrastruktur jaringan raksasa yang juga sukses mengepakkan saya ke dunia smartphone. Sekarang Huawei berhasil menduduki peringkat kedua dunia pada Q2 2018 dalam kategori smartphone melibas Apple.
Menariknya lagi, Huawei ini membuat sub-brand bernama Honor dalam dunia smartphone. Berbeda dengan Huawei, Honor sendiri mempunyai harga yang lebih terjangkau ketimbang Huawei. Tapi dengan spesifikasi hardware yang nyaris sama.
Sekarang Honor 8X yang baru saja dirilis di Indonesia berhasil menjadi sorotan banyak orang karena memiliki harga menarik dengan spesifikasi hardware yang dapat dibilang tinggi untuk kelas menengah.
Sebagian orang pun menyebutkan jika Honor 8X ini mempunyai spesifikasi hardware yang nyaris sama dengan Nova 3i. Untuk itu, bagi kalian yang penasaran dengan perbandingan kedua smartphone ini maka bisa melihat informasinya sebagai berikut ini :

Honor 8X vs Huawei Nova 3i

Layar
Pada bagian depannya, Honor 8X mempunyai poni atau notch yang lebih kecil ketimbang Huawei Nova 3i. Bahkan keduanya pun mempunyai fitur untuk menyembunyikan poni jika penggunanya tak menyukai hal tersebut.
Keduanya pun mempunyai layar dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan. Tapi layar Honor 8X memiliki lebar 6,5 inci dan Huawei Nova 3i mempunyai lebar 6,3 inci.
Spesifikasi hardware
Kedua smartphone ini sama-sama didukung dengan chipset Kirin 710 Octa-core 2,2 GHz berteknologi proses 12nm yang efisien, RAM 4 GB, dan storage internal 128 GB. Slot microSD pun sudah ada pada kedua produk ini.
Bahkan fitur GPU Turbo pun sudah ditanamkan pada Honor 8X maupun Huawei Nova 3i yang memungkinkan performa GPU meningkat 60% dan konsumsi daya baterai menurun sebesar 30%.
Baterai
Honor 8X memiliki baterai dengan kapasitas mencapai 3750 mAh dan Huawei Nova 3i mempunyai kapasitas 3340 mAh. Dengan performa yang hampir sama, maka Honor 8X mempunyai daya tahan baterai yang sedikit lebih lama.
Kamera
Huawei Nova 3i mempunyai 4 kamera sekaligus yang terdiri dari 2 kamera belakang 16 MP + 2 MP dan 2 kamera depan 24 MP + 2 MP yang mampu menghasilkan foto bagus. Sedangkan Honor 8X memiliki 2 kamera belakang 20 MP + 2 MP dan kamera depan 16 MP yang bisa membuat foto menarik. Dapat dikatakan kemampuan kamera Huawei Nova 3i lebih bagus.
Fitur Lainnya
Kedua smartphone ini sama-sama sudah didukung dengan port microUSB 2.0, jack audio 3,5mm, sensor fingerprint pada bagian belakang, Face Unlock, dan EMUI 8.2 berbasiskan Android 8.1 Oreo.
Harga
Awalnya Huawei Nova 3i bandrol Rp 4,3 juta, tapi sekarang harganya sudah mengalami penurunan mencapai Rp 3,7 juta di Indonesia. Sedangkan Honor 8X dijual dengan harga yang mencapai Rp 4 juta di Indonesia.
Kesimpulan
Dapat dikatakan spesifikasi hardware, fitur, performa, dan layar yang ditawarkan oleh smartphone ini seimbang. Tapi Huawei Nova 3i unggul pada, warna Iris Purple, kamera, dan harga yang lebih murah. Sedangkan Honor 8X unggul pada daya tahan baterainya.