Apa Itu HP Refurbish Dan Apakah Pantas Untuk Dibeli?

PULSAPERMATA.COM - Pernah pergi toko ponsel, lalu menemukan ponsel resmi yang dijual sangat murah daripada harga aslinya? Bila pernah, hati-hati, bisa jadi itu adalah ponsel refurbish.
Dana terbatas memang masalah tersendiri untuk orang yang baru mau beli ponsel baru. Dan menariknya, ponsel refurbish menjadi salah satu opsi yang lumayan menggiurkan jika ditinjau dari beberapa sisi.
Tapi, apakah kamu sudah tahu apa itu ponsel refurbish? Dan apakah ponsel jenis ini memang pantas untuk dipertimbangkan? Apa keuntungan dan kekurangannya?

Apa Itu HP Refurbish?

Seperti halnya ponsel rekondisi, ponsel refurbish sebenarnya merupakan ponsel daur ulang. Tapi berbeda dengan ponsel rekondisi, daur ulang ponsel refurbish dilakukan oleh perusahaan pembuatnya secara resmi.
Ponsel-ponsel refurbish biasanya berasal dari hasil tukar unit ketika ponsel mengalami kerusakan tapi masih dalam masa garansi atau ponsel-ponsel yang tak terjual. Ponsel-ponsel rusak itu lalu diperbaiki oleh pengembangnya, selanjutnya dijual kembali.
Seperti ponsel resmi lainnya, ponsel-ponsel refurbish juga dijual dengan garansi resmi dari perusahaan pengembangnya, jadi ketika mengalami kerusakan, kamu dapat membawanya ke service center resmi perusahaan pengembangnya tersebut.
Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, biasanya perangkat refurbish dijual dengan harga yang relatif lebih murah ketimbang ponsel resmi lainnya. Dan karena resmi, biasanya harganya lebih mahal daripada harga ponsel rekondisi atau daur ulang dari pihak lain.
Wajib dicatat, tak cuma perusahaan-perusahaan kecil yang melakukan hal ini, nyaris semua perusahaan seluler seperti Samsung dan Apple pun melakukan hal ini untuk memangkas kerugian yang dialaminya.

Apa HP Refurbish Layak Beli?

Untuk kamu yang pernah terlintas untuk beli ponsel refurbish, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan walaupun menawarkan keuntungan, seperti telah memperoleh garansi resmi tetapi dijual dengan harga yang lebih murah.
Sama seperti ponsel daur ulang lainnya, walaupun dijual seperti baru, beberapa ponsel jenis ini adalah ponsel bekas pakai. Dan sayangnya, kita tak tahu berapa lama ponsel tersebut sudah dipakai.
Dan harus diperhatikan pula, tak semua komponen dalam ponsel-ponsel refurbish itu diremajakan. Tapi, cuma komponen-komponen yang mengalami kerusakan saja yang diperbarui.
Untuk itu, bagi saya pribadi, kalau bisa jangan beli ponsel refurbish. Lebih baik kamu bersabar dan uangnya ditabung dulu. Dan bila sudah terkumpul baru deh beli ponsel baru yang bener-bener baru.