HTC Luncurkan Desire 12s dengan RAM 4GB dan Kamera 13MP, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Pada tahun 2018 ini HTC lebih banyak merilis smartphone flagship dan kelas menengah untuk dijual ke berbagai negara. Tapi ternyata mendekati akhir tahun, perusahaan asal Taiwan ini merilis produk kelas bawah yang bernama HTC Desire 12s.
Perangkat yang satu ini memiliki layar 5,7 inci dengan resolusi Full HD+, berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Tapi HTC Desire 12s tak mempunyai poni atau notch di bagian atasnya sama sekali.
Bodinya sendiri memakai bahan plastik yang menggunakan desain glossy dan matte sehingga terlihat mengkilap saat terkena cahaya. Sedangkan pilihan warnanya terdiri dari Hitam, Perak, atau Merah.
Pada bagian belakangnya, ada sensor fingerprint yang memungkinkan penggunanya bisa membuka kunci smartphone cuma memakai sidik jari. Tepat dibagian atas sensor fingerprint sudah ditanamkan juga kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan LED Flash yang bisa menghasilkan foto dengan baik.
Selain penempatannya agak aneh, desain kamera belakangnya terlihat seperti mempunyai dua lensa padahal cuma kombinasi satu kamera dan satu LED Flash. Sepintas pola cat pemisah di bodi belakangnya terlihat seperti yang dihadirkan di Google Pixel.
Sedangkan dapur pacunya dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 435 Octa-core yang memang sangat terkenal di kalangan smartphone entry-leve. Dalam mengimbangi performa chipset itu, HTC Desire 12s datang dengan varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB.
Kedua varian itu sama-sama bisa ditambahkan microSD. Baterainya sendiri mempunyai kapasitas yang cukup besar mencapai 3075 mAh. Sayangnya tak ada dukungan fast charging sehingga pengisian daya baterainya cukup lama.
Walaupun bermain di kelas bawah, tapi ternyata HTC Desire 12s ini didukung dengan kamera depan beresolusi 13 MP yang sudah cukup untuk foto selfie maupun video call. Sistem operasinya sendiri masih memakai sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan tampilan antarmuka HTC Sense UI.
Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, port jack audio 3,5mm, dan port microUSB 2.0 sudah ada di dalamnya. Harganya sendiri mencapai US$195 atau sekitar Rp 2,8 juta untuk varian RAM 3 GB dan US$225 atau sekitar Rp 3,2 juta untuk varian RAM 4 GB.