Cara Menghemat Baterai Ini Justru Bikin Android Boros? Begini Cara Mengatasinya


PULSAPERMATA - Sebagian besar pengguna android beranggapan jika membersihkan recent apps alias daftar aplikasi yang sedang dibuka, dapat membantu menghemat baterai ponsel. Efektifkah cara ini?

Recent apps adalah daftar panjang aplikasi yang dapat diakses lewat tombol menu di ponsel Android. Aplikasi yang masuk ke dalam daftar tersebut sering kali dianggap masih bekerja.

Padahal sebenarnya, aplikasi di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (cache) ponsel. Tujuannya supaya aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya itu dapat dimuat lebih cepat ketika dibuka kembali.

Karena itu, menghapus recent apps di ponsel Android justru bakal membuat baterai ponsel bekerja lebih keras dan cepat habis.

Baterai pun akan bekerja lebih keras dan cepat habis terlebih bila aplikasi yang dihapus tergolong berat. Karena, sistem akan membuka aplikasi dari nol dan memerlukan lebih banyak daya daripada menyalakan ulang atau mengakses memori yang disimpan.

Bila ingin menghemat baterai Android, sebaiknya tak memakai metode menghapus recent apps seperti di atas.

Ada dua cara yang dapat dilakukan pemilik ponsel Android, yakni mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data. Dilansir dari Cnet, Minggu (2/7/2017), dua cara tersebut cenderung lebih efektif untuk mengurangi pemakaian daya baterai.

Untuk mengurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi. Aplikasi tertentu, seperti media sosial, biasanya memberikan pilihan untuk mengatur supaya notifikasi dikirimkan dalam interval waktu lebih lama.

Cara ini dapat membantu menghemat baterai karena mengurangi aktivitas sinkronisasi yang dilakukan di latar belakang sistem (background).

Sementara itu, untuk membatasi pemakaian data, buka panel yang berisi tabel konsumsi data di perangkat Android. Dari panel itu, pengguna dapat melihat aplikasi yang paling banyak memakan data.

Pilih aplikasi itu lalu batasi atau hapus izin pemakaian data di background. Cara ini akan melarang aplikasi untuk memakai koneksi internet secara otomatis. Baterai pun menjadi lebih hemat.

Tentu saja, yang paling efektif adalah membawa power bank, sekaligus menerapkan kedua cara di atas. Dengan demikian, ponsel dapat dipakai dalam waktu yang lebih lama, dan Anda tetap mempunyai cadangan daya ketika baterai sudah habis.