24 Sony Xperia Dituding Palsukan Fitur Anti-air

  

PULSAPERMATA - Sony sempat memperoleh gugatan perwakilan kelompok (class action) atas masalah dalam fitur anti-air di smartphone tipe Xperia besutannya. Perusahaan asal Jepang ini pun kalah, dan harus membayar ganti rugi pada pembeli produknya.


Gugatan itu terjadi di sebuah pengadilan federal New York, Amerika Serikat. Di dalamnya dicantumkan 24 tipe smartphone dan tablet Xperia yang janji soal kemampuan anti-airnya dituding bermasalah.

Sebagaimana dilansir dari Phone Arena, Jumat (25/8/2017), 24 tipe smartphone yang digugat diiklankan Sony sebagai perangkat anti-air, tetapi penggugat merasa iklan itu keliru.

Penggugat, dengan mengatasnamakan konsumen, mengungkapkan jika Sony memanfaatkan peringkat dalam sertifikasi ketahanan air internasional sebagai alat promosi palsu mereka. Hasilnya adalah produk yang disebut anti-air, tapi ternyata tidak dapat dipakai di bawah air.

Karena Sony kalah dalam gugatan itu, maka perusahaan harus mengembalikan 50 persen dari harga yang dibayarkan pengguna untuk membeli 24 tipe Xperia buatannya.

Selain itu, pengadilan juga memutuskan supaya Sony memperpanjang garansi perbaikan atas masalah yang terjadi saat perangkat rusak akibat terkena air.

Karena gugatan ini terjadi di Amerika Serikat, maka cuma penduduk setempat saja yang dapat menuntut ganti rugi dalam pembelian perangkatnya.

Berikut ini 24 tipe perangkat yang masuk dalam gugatan tersebut:
  1. Xperia M2 Aqua
  2. Xperia M4 Aqua
  3. Xperia ZR
  4. Xperia Z Ultra
  5. Xperia Z1
  6. Xperia Z1 Compact
  7. Xperia Z1s (T-Mobile)
  8. Xperia Z2
  9. Xperia Z3
  10. Xperia Z3 Compact
  11. Xperia Z3 (T-Mobile)
  12. Xperia Z3v (Verizon)
  13. Xperia Z3 Dual
  14. Xperia Z3+ Dual
  15. Xperia Z3+
  16. Xperia Z5
  17. Xperia Z5 Compact
  18. Xperia Z2 Tablet (Wi-Fi)
  19. Xperia Z2 Tablet (LTE)
  20. Xperia Z2 Tablet (Verizon LTE)
  21. Xperia Z3 Tablet Compact (Wi-Fi)
  22. Xperia Z3 Tablet Compact (LTE)
  23. Xperia Z4 Tablet (Wi-Fi)
  24. Xperia Z4 Tablet (LTE)