Harga iPhone 8 Di Prediksi Bisa Sampai Rp 17 Juta di Indonesia?


PULSAPERMATA Sejak awal tahun ini, iPhone 8 mulai ramai dibicarakan. Lini tersebut diklaim akan spesial karena menandai 10 tahun usia Apple di industri smartphone.

Tetapi, ada konsekuensi yang harus dipikul yaitu harga yang lebih mahal. Menurut kabar terbaru, iPhone 8 dihargai mulai 999 dollar AS atau 13 juta.

Angka itu lebih mahal 350 dollar AS daripada iPhone 7 paling standar yang dilepas 649 dollar AS atau sekitar Rp 8,6 juta. Belum lagi bila masuk Indonesia, harga iPhone 8 itu tentu lebih tinggi.

Melihat rekam jejak sebelumnya, lini iPhone yang masuk Tanah Air biasanya 30 persen lebih mahal. Artinya, bila benar harga iPhone 8 Rp 13,32 juta, di Indonesia dapat membengkak jadi Rp 17 juta.

Sebelumnya, sempat beredar berita jika iPhone 8 akan dihargai 1.200 dollar AS atau Rp 16 juta. Tetapi kabar itu kemudian mengambang.

Ada pjuga yang menyebutkan harga 999 dollar AS belum ditambah pajak untuk ritel, dan bila ditambahkan akan menghasilkan nominal 1.200 dollar AS. Di Indonesia, Rp 16 juta ditambah pajak cukai 30 persen dapat bengkak menjadi Rp 20,8 juta.

Bocoran soal spesifikasi, fitur, dan desain, iPhone 8 memang sangat premium. Antara lain, ponsel tersebut disebutkan membawa tampilan OLED dengan bingkai tipis, desain berbalut kaca, juga kamera sensor 3D, sebagaimana dihimpun dari Forbes.

Prosesornya juga digadang-gadang memakai Apple A11 dengan 4 inti berkecepatan 2,74GHz. Performanya diprediksi akan jauh di atas Galaxy S8, dan mungkin bersaing sengit dengan Galaxy Note 8 yang baru saja diluncurkan di New York, AS.

Berbagai bocoran ini belum dikonfirmasi Apple. Informasinya bisa saja salah atau benar, kita tunggu saja.