5 Tips Ampuh Mengatasi Touchscreen Smartphone Error atau Rusak


PULSAPERMATA.COMDi bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi layar sentuh tak berfungsi atau error sebelum kamu memutuskan untuk membawanya ke service center untuk menggantinya dengan yang baru. Tentunya dengan mengikuti tips di bawah ini dan berhasil maka akan menghemat pengeluaran kamu. Untuk itu langsung saja dipraktekkan ya.


1. Membersihkan Layar HP

Tips yang pertama ini mungkin terdengar sangat sederhana, tetapi percaya atau tidak layar smartphone yang kotor tentu saja dapat mengganggu fungsinya. Ada beberapa hal yang menyebabkannya antara lain karena terkena debu, keringat, atau benda cair lainnya yang bakal menghambat kinerjanya. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkan layar HP kamu dengan kain bersih lalu coba kamu tes lagi apakah touchscreen berfungsi atau tidak.


2. Melakukan Kalibrasi Layar Perangkat

Selain karena masalah pada hardware, layar sentuh yang rusak atau tak berfungsi dengan semestinya bisa saja disebabkan oleh pengaturan smartphone yang tak sesuai. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh virus atau software berbahaya lainnya yang menyerang sistem smartphone kamu sehingga fungsinya terganggu. Perlu dicatat cara ini ditujukan untuk layar samrtphone kamu bisa bekerja tetapi tidak akurat. Untuk mengatasinya bisa kita setting kembali lewat Kalibrasi perangkat, kemudian lakukanlah pengaturan kalibrasi secara manual.


3. Melakukan Restart (Reboot)

Bila cara di atas tak membuahkan hasil, kita dapat mengatasinya dengan mematikan lalu menyalakan kembali HP tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghentikan semua proses yang terlalu berat yang dikerjakan oleh smartphone. Contohnya banyak sekali aplikasi yang sedang berjalan di background sehingga menguras banyak RAM dan mengganggu fungsi layar sentuh sehingga terasa berat dan bahkan tidak dapat digerakkan.


4. Melakukan Factory Reset

Bila cara di atas juga tak berhasil, maka yang dapat kamu lakukan adalah melakukan factory reset. Kenapa? Karena bisa jadi layar HP kamu tidak dapat disentuh disebabkan oleh error pada sistem operasinya. Hal ini terjadi karena software sistem pada HP Android kamu mengalami masalah atau error yang disebabkan oleh virus atau masalah software lainnya. Dengan melakukan factory reset semua software dan sistem operasi HP Android kamu akan kembali seperti baru lagi.
Tetapi perlu diketahui jika cara ini dapat menyebabkan terhapusnya data pribadi kamu seperti file foto, musik, kontak, sms, dan semua yang ada di memori internal. Untuk itu kamu harus bersiap-siap untuk kehilangan file penting milik kamu. Cara ini memang tak disarankan, akan tetapi bila semua cara di atas gagal maka inilah cara satu-satunya yang dapat kamu lakukan. Tetapi bila kamu ingin tetap melakukannya kamu dapat mengikuti cara di bawah ini dan bersiap untuk menanggung risikonya karena kami tak akan bertanggung jawab bila semua data milik kamu hilang. Berikut caranya:
  • Pertama matikan HP kamu terlebih dahulu
  • Pada saat HP dalam keadaan mati. tekan dan tahan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan selama beberapa detik sampai bergetar. Setelah itu lepaskan dan kita akan masuk ke sistem android. Kombinasi tombol bisa saja berbeda tergantung merk dan type smartphone, bila kombinasi tombol tersebut tak sesuai, silakan cari di Google dengan mengetikkan kata kunci “cara factory reset smartphone android”.
  • Bila berhasil masuk ke sistem android, pilih menu factory reset dan pilih yes dan tunggu prosesnya sampai selesai dan restart HP kamu.
  • Sesudah android kamu menyala silakan diuji apakah touchscreen kamu berfungsi atau tidak.


5. Mengganti Touchscreen Dengan yang Baru

Bila semua cara di atas tak ada satupun yang berhasil, maka dapat dipastikan jika komponen layar sentuh tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru. Silakan dibawa HP-nya ke service center resmi untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya.
Itulah beberapa tips untuk memperbaiki layar HP android tidak dapat disentuh atau rusak yang dapat kamu coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.