OnePlus 5T Resmi Rilis 13 November, Tetap Usung Colokan Earphone, Harganya?


PULSAPERMATA.COM - CEO OnePlus, Pete Lau akhirnya menyatakan peluncuran resmi smartphone Android OnePlus 5T yang direncanakan pada 13 November 2017. Di tengah tren smartphone premium baru yang menghilangkan jack earphone 3,5 mm, seperti iPhone 7 dan iPhone 8, OnePlus tetap percaya diri menyatakan jika OnePlus 5T tetap mempunyai jack earphone 3,5 mm.

Lewat akun Twitter resmi, OnePlus menyebutkan alasan mengapa mereka mempertahankan jack earphone 3,5 mm di OnePlus 5T. Menurut OnePlus, jack earphone 3,5 mm dibutuhkan untuk mengutamakan kualitas suara dan kebebasan yang dimiliki penggunanya.

"Pertama, kualitas suara. Saat kami melakukan survei ke komunitas OnePlus, 70 persen pengguna menyebutkan jika prioritas mereka adalah kualitas suara. Umumnya, earbuds nirkabel tak menghasilkan kualitas suara yang sama (dengan earbuds kabel)", tulis OnePlus pada postingan forum.

OnePlus juga mengiming-imingi alasan efisiensi dengan membandingkan smartphone yang mempunyai jack earphone dan yang tidak.

"Apakah earphone nirkabel terbaik dapat dibandingkan dengan earphone berkabel terbaik? Mungkin saja. Tetapi bila mencari earphone terbaik di bawah 200 dollar AS (sekitar Rp 2,7 juta), maka ketersediannya terbatas", tulis OnePlus di forum.

Sebelumnya, OnePlus pernah merencanakan untuk mengganti jack earphone dengan port USB-C kedua. Tetapi, rencana itu sepertinya tak diwujudkan, karena OnePlus beralasan tak ingin merenggut kebebasan 80 persen penggunanya yang lebih suka memakai earphone berkabel.

OnePlus tak menampik jika teknologi audio nirkable sangat potensial. Mereka sesumbar jika produk flagship mereka yang mempunyai kapabilitas Bluetooth sangat baik, juga potensial mengikuti tren earphone nirkabel. Tetapi, OnePlus mengatakan tujuan utama mereka dari awal adalah menyuguhkan teknologi terbaik di dunia.

Sampai saat ini belum ada rincian resmi tentang spesifikasi OnePlus 5T. Dari kabar yang beredar, OnePlus 5T akan mempunyai layar jumbo 6-inci (rasio 18:9) dengan resolusi 2.160 x 1.080 piksel, disokong dapur pacu chipset Snapdragon 835, RAM 8 GB, memori internal 64 GB.