Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A

PULSAPERMATA.COM - Cuma berselang seminggu sesudah meluncurkan ponsel sub-brand Pocophone F1, Xiaomi sekarang membawa seri Redmi terbarunya ke Indonesia. Tak cuma satu, tetapi Redmi 6 dan Redmi 6A yang dibawa ke tanah air. 

Menurut Steven Shi, Country Manager Xiaomi Indonesia, kedua versi Redmi ini termasuk suksesor dari Redmi 5 dan Redmi 5A yang diluncurkan pada akhir tahun lalu. 

"Tahun ini banyak momen yang dialami Xiaomi mulai dari IPO sampai jadi brand terbesar kedua di Indonesia. Kali ini kami membawa penerus seri Redmi 5 ke Indonesia," ujar Steven di atas panggung peluncuran, Selasa (4/9/2018). 

Ia menambahkan, walau Redmi 6 dan Redmi 6A sejatinya sudah diperkenalkan secara global pada Juni lalu, tetapi ia berharap ponsel ini bakal sesukses pendahulunya di Indonesia. 

Secara desain, Redmi 6 mirip dengan Redmi 6A. Keduanya didukung layar dengan bentang seluas 5,45 inci dan aspek rasio 18:9. 

Spesifikasi Redmi 6 dan Redmi 6A 

Dari siegi jeroan, kedua ponsel itu mempunyai spesifikasi yang sedikit berbeda yaitu dari segi chipset, kapasitas RAM, memori internal, dan kamera yang terpasang. Chipset yang ditanamkan pada Redmi 6 dan 6A sama-sama buatan MediaTek, cuma saja serinya yang berbeda. 

Redmi 6 disokong dengan chipset Helio P22, sedangkan Redmi 6A dipasang dengan chipset Helio A22. Ini membuat performa Redmi 6 dengan Helio P22 lebih baik daripada Redmi 6A.

Kapasitas RAM Redmi 6 versi reguler pun lebih unggul dengan adanya dua varian yaitu RAM 3GB dan 4GB dengan masing-masing memori internal 32 dan 64 GB.

Sementara Redmi 6A cuma memboyong versi RAM 2GB dengan penyompanan 16 GB. Padahal ketika diumumkan secara global, ponsel ini mempunyai dua varian yaitu RAM 2 dan 3 GB masing-masing dengan ruang penyimpanan 16 dan 32 GB. Tetapi keduanya dapat diperluas dengan slot microSD sampai kapasitas 256 GB. 


Kamera dan baterai 

Redmi 6 mempunyai kamera ganda tertanam pada bagian belakang. Kamera itu diposisikan dengan konfigurasi horizontal pada bagian pinggir. 

Kamera tersebut membawa lensa sebesar 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Sementara pada bagian depan terdapat kamera selfie 5 megapiksel. 

Berbeda dengan kakaknya, Redmi 6A cuma memasang satu kamera belakang dan satu kamera depan dengan sensor 13 megapiksel dan 5 megapiksel. 

Kedua model Redmi terbaru ini didukung dengan baterai berukuran 3.000 mAh yang dipercaya memiliki waktu standby hingga 19 hari. 

Tetapi untuk sisi keamanan, Redmi 6A tak didukung sensor sidik jari pada bagian punggung. Perannya bakal digantikan oleh fitur face unlock yang terdapat pada bagian kamera depan. 

Harga dan ketersediaan 

Untuk ketersediaan warna, keduanya mempunyai varian yang juga sama yaitu hitam, gold, dan biru. Soal harga, Redmi 6A untuk kapasitas RAM 2 GB dan penyimpanan16 GB dijual dengan harga Rp 1,249 juta dan mulai dijual pada 10 September di blibli.com dan Mi Store. 

Sementara untuk Redmi 6 dijual dengan harga Rp 1,9 juta untuk versi RAM 3 GB/penyimpanan 32 GB, dan harga Rp 2,4 juta untuk versi 4 GB/64 GB. Redmi 6 mulai dapat dibeli pada 6 September mendatang di e-commerce Lazada dan Mi Store.