HTC Tengah Siapkan Ponsel 5G dengan Snapdragon 855?

PULSAPERMATA.COM - HTC sepertinya akan menambah panjang daftar pabrikan smartphone yang bersiap meluncurkan produk ponsel dengan dukungan konektivitas 5G. 

Vendor asal China ini rumornya tengah menyiapkan smartphone flagship dengan chipset kelas atas generasi berikutnya dari Qualcomm, Snapdragon 855. 

Kabar yang beredar mengatakan jika HTC tengah melakukan sampling terhadap Snapragon 855. Chip tersebut disinyalir memakai proses fabrikasi 7 nm sehingga akan lebih kecang dan lebih irit daya ketimbang Snapdragon 845 sebelumnya. 

Kemampuan 5G di sang calon flagship mendatang dari HTC itu diperoleh lewat tambahan chip modem X50 yang juga buatan Qualcomm, sebagaimana kami rangkum dari TechSpot. 

Chip yang cuma dapat terkoneksi ke jaringan 5G ini dipadankan dengan modem X24 yang terintegrasi di chip Snapdragon 855 supaya dapat tersambung ke teknologi seluler generasi sebelumnya (4G, 3G, dan 2G). 

Snapdragon 855 sendiri sejatinya belum resmi diumumkan oleh Qualcomm. Chip ini rumornya baru akan dirilis pada Desember nanti. 

Sedangkan, jaringan 5G juga masih digodok oleh para pelaku telekomunikasi di seluruh dunia. Baru beberapa negara yang menyatakan siap roll-out 5G pada 2019 mendatang, seperti Amerika Serikat yang operator selulernya akan mulai menggelar 5G menjelang akhir 2018. 

Apabila kabar di atas benar, maka HTC sepertinya masih belum menyerah di industri ponsel walaupun sedang babak belur dihantam kesulitan finansial. 

Juni lalu, misalnya, pabrikan asal Taiwan itu melaporkan penurunan penjualan sebesar 68 persen sampai cuma mencatat penjualan sebesar 72 juta dollar AS. Penurunan itu merupakan yang terbesar sepanjang dua tahun terakhir. 

Sekitar waktu yang sama, HTC pun merumahkan karyawan sebanyak 1.500 orang dari fasilitas-fasilitas manufakturnya. Tahun ini volume produksi ponsel HTC diperkirakan kurang dari 2 juta unit.