Google Rilis Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan Kamera Selfie Ganda, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Sesudah berbulan-bulan dinanti dan menjadi buah bibir, Google akhirnya resmi merilis duo flagship Pixel 3 dan Pixel 3 XL, dalam sebuah acara di New York, Amerika Serikat. 

Perbedaan yang kasat mata terlihat pada sektor layar. Ponsel Android Pixel 3 dan Pixel 3 XL membawa layar yang lebih luas daripada pendahulunya, yaitu secara berurutan 5,5 inci dan 6,3 inci. 

Google berhasil memangkas bingkai ponsel Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan desain bezel less. Pada Pixel 3 XL, Google sudah menerapkan desain notch (poni) untuk memberikan kesan lebih luas dan elegan. 

Masih sama seperti pendahulunya, Pixel 3 dan Pixel 3 XL menggunakan keunggulan pada komponen kamera. Hasil foto dijanjikan tajam dengan warna natural dalam berbagai kondisi. 

“Kami merancang kamera ponsel terbaik di dunia dan menempatkannya pada ponsel paling bermanfaat di dunia,” ujar Chief Hardware Google, Rick Osterloh, saat memperkenalkan Pixel 3 dan Pixel 3 XL. 

Tapi kamera belakang Pixel 3 dan Pixel 3 XL belum mengadopsi tren dual-camera. Google justru memasang fitur ini untuk kamera depan (selfie) yang masing-masing beresolusi 8 megapiksel. 

Salah satu lensa kamera depan berguna untuk memotret wide-angle 97 derajat. Dengan begitu, pengguna dapat membidik group selfie dengan maksimal atau selfie di depan pemandangan dengan lebih mudah. 

Kamera dengan software AI 

Sejatinya, Google belum juga mengadopsi modul kamera belakang ganda (dual-camera) di bagian belakang. Kualitas sensor pun masih 12,2 megapiksel. Lalu apa yang membedakan seri Pixel keluaran 2018 dengan pendahulunya? 

Kamera Pixel 3 dan Pixel 3 XL didukung software terbaru yang meningkatkan kinerja kamera dengan teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI). Ada beberapa opsi menarik yang menambah keseruan pemotretan. 

Misalnya opsi “Top Shot” yang memungkinkan pengguna memilih hasil foto terbaik dari beberapa bidikan pada satu momen berharga. Secara otomatis, software akan menyingkirkan hasil foto yang buram atau mata yang berkedip. 

“Super Res Zoom” memakai banyak bingkai dan AI untuk memberikan foto akhir yang tajam, walau tanpa memakai optical zoom. Ini akan memanjakan pengguna yang suka mengabadikan momen secara malu-malu. 

“Night Shot” terbaru pun disebut sudah meningkat tajam dari sebelumnya. Google menjanjikan kamera Pixel 3 dan Pixel 3 XL sebagai yang paling tangguh dalam memotret di situasi minim cahaya.  

Selain itu, ada juga opsi “Photobooth” yang secara otomatis membidik selfie saat pengguna senyum. Berbicara kamera selfie, Pixel 3 dan Pixel 3 XL memasang dual-camera di depan, 

Spesifikasi 

Spesifikasi inti dari Pixel 3 dan Pixel 3 XL meliputi chipset Snapdragon 845, chip terhandal di pasaran saat ini, kapasitas RAM 4 GB, Bluetooth 5.0, dan stereo speakers di depan untuk audio garang. 

Selain itu ada juga chip keamanan baru yang disebut “Titan M”, dipercaya sebagai satpam virtual terbaik. Proteksinya meliputi kerahasiaan data login, enkripsi seluruh partisi, keamanan data aplikasi, juga menjaga integritas sistem operasi. 

Baterai keduanya masing-masing berkapasitas 2.915 mAh untuk Pixel 3 dan 3.430 mAh untuk Pixel 3 XL. Google melengkapi Pixel 3 dan Pixel 3 XL dengan fitur pengisian daya tanpa kabel (wireless charging) sampai 10 watt. 

Duo seri Pixel terbaru berjalan pada sistem operasi Android 9 Pie. Keduanya juga sudah menghilangkan tombol virtual (back, home, recents) di layar. Google Assistant dan Google Lens pun dibuat untuk menjadi bagian inti dalam menjajal Pixel 3 dan Pixel 3 XL. 

Dengan berbagai spesifikasi dan fiturnya, Pixel 3 dibandrol dengan harga mulai 799 dollar AS (Rp 12,1 juta) untuk varian dengan memori 64 GB. Sedangkan Pixel 3 XL dibandrol 899 dollar AS (Rp 13,6 juta) untuk kapasitas internal 64 GB. 

Cukup tambahkan 100 dollar AS (Rp 1,4 juta) pada masing-masing harga untuk varian 128 GB. Kedua ponsel bakal mulai dijual pada 18 Oktober nanti, tetapi belum masuk secara legal di pasar Indonesia.