Samsung Galaxy A9 Resmi Rilis, Ponsel 4 Kamera Belakang Pertama di Dunia

PULSAPERMATA.COM - Samsung akhirnya benar-benar merilis smartphone dengan empat kamera belakang pertama di dunia, Galaxy A9. Penamaan ini sekaligus mendepak rumor nama Galaxy A9 Pro atau Galaxy A9s. 

Galaxy A9 rilis dalam acara bertajuk "4X Fun, A Galaxy Event" di W Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, dimulai pukul 16.00 waktu setempat atau sekitar pukul 17.00 WIB. 

Smartphone pertama di dunia dengan empat kamera, sekaligus yang pertama di lini Samsung Galaxy, resmi diperkenalkan di hadapan ratusan jurnalis yang datang. 

Marketing Samsung Malaysia, Yvonne Woo yang memperkenalkan Galaxy A9 menegaskan bila milenial menjadi target utama pemasaran Galaxy A9 untuk mengekspresikan diri lewat ponselnya. 

"Gambar bukan untuk menangkap gaya hidup, tapi (menangkap) gambar adalah gaya hidup itu sendiri", jelasnya. Hal ini sama dengan yang diucapkan Denny Galant, Head of IT&Mobile Product Marketing Samsung Indonesia. 

"Mereka (milenial) suka eksplor hal-hal baru. Makannya kita datangkan inovasi dari sisi kamera", Denny Galant. 

Susunan 4 kamera Galaxy A9 

Empat kemera yang terdapat di bodi belakang Galaxy A9 tersusun secara vertikal, bukan persegi sebagaimana rumor sebelumnya.

Kamera pertama beresolusi 24 megapiksel, dengan lensa bukaan f/2.4. yang juga didukung dengan 2x optical zoom. Kamera kedua mempunyai resolusi 8 megapiksel dengan lensa ultra wide 120 derajat, dan bukaan f/2,4. 


Sedangkan kamera ketiga beresolusi 10 megapiksel dengan fitur telephoto. Kamera terakhir bakal berfungsi sebagai depth sensor dengan resolusi 5 megapiksel bukaan lensa f/2.2. 

Masih di sektor kamera, untuk kamera depan Samsung cuma menempatkan kamera tunggal dengan resolusi 24 megapiksel dengan lensa bukaan f/2.0. 

Di bagian depan, Galaxy A9 mempunyai layar berbentang 6,3 inci dengan resolusi gambar 1080 x 2220 piksel. 

Dari segi dapur pacu, Galaxy A9 menggunakan chip Octa Core 2,2 GHz quad dan 1,8 Ghz. Dipadu RAM 6 GB atau 8 GB dengan ROM 128 GB yang dapat diekspansi sampai 512 GB dengan kartu MicroSD. 

Ada 3 warna Galaxy A9 yang dapat dipilih, yaitu Lemonade Blue, Bubblegum Pink, dan Caviar Black. Galaxy A9 baru bakal ada pada November 2018.